Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

21 Juni 2013

Valvrave The Liberator [ Anime Review ]

Pada tahun ke-71 dari Era Sejati (Shinreki), 70% dari seluruh  semua manusia telah bermigrasi dari Bumi ke planet lain dari tata surya dan juga ke Dyson Sphere yang dibangun di sekitar Matahari.

Dunia terbagi menjadi tiga negara besar, yang pertama adalah  Dorssia Military Pact Federation, , dan Atlantic Ring United States (ARUS). Diantara dua negara adidaya yang berselisih tersebut negara ketiga yang secara ekonomi  mengalami kemakmuran bernama JIOR memilih menjadi negara netral.

Namun pada tahun itu, Dyson Sphere yang dibuat oleh JIOR mendapat serangan militer dari Dorssia.


Sinopsis 

Tokishima Haruto merupakan siswa SMA yang bersekolah di SMA Sakimori yang berada di Module 77. Haruto menyukai seorang siswi bernama Sashinami Shoko yang juga merupakan teman masa kecilnya. Meskipun menyukai Shoko, namun Haruto tidak berani mengutarakannya. Saat berada di kuil kecil yang dipercaya dapat mengabulkan permintaan seseorang, Haruto berniat untuk menyatakan perasaannya kepada Shoko. Namun ketika ia ingin mengatakannya, Module 77 tempat mereka tinggal diserang oleh tentara Dorssian.

Tentara Dorssian menyerang untuk mengambil teknologi terbaru JIOR, sebuah mecha humanoid yang disebut dengan Valvrave, untuk itu mereka mengutus pembunuh terbaik mereka yang rata-rata masih berusia remaja. Saat Haruto dan Shoko ingin mencari tempat berlindung, Shoko yang ingin menyelamatkan seseorang yang terkurung dalam mobil terkena tembakan dari salah satu unit Dorssian. Haruto yang melihat kejadian tersebut tidak dapat mempercayai bahwa Shoko telah tiada.

Disaat dirinya merasa depresi, sebuah unit humanoid muncul dari bawah sekolah mereka. Unit bernama Valvrave tersebut muncul karena para ilmuwan yang menangani pembuatan Valvrave diserang oleh pembunuh Dorssian, dan terpaksa mengeluarkan secara darurat yang akhirnya berada di hadapan Haruto. Karena ingin membalaskan kematian Shoko, Haruto masuk ke dalam kokpit Valvrave.


Saat berada di dalam, Haruto tidak dapat menjalankan Valvrave, saat ia hampir kalah karena serangan unit Dorssian, Haruto yang hanya memikirkan balas dendam memilih mengaktifkan Valvrave yang menanyakan "apakah kamu ingin berhenti menjadi manusia" sebagai salah satu prosedur pengaktifan. Saat akan aktif, dua buat pisau kecil muncul dibelakang leher Haruto, menusuknya dan seketika Valvrave yang tadinya berwarna putih berubah warna menjadi merah.

Dengan Valvrave, Haruto berhasil mengalahkan unit Dorssian yang menyerang Module 77, tak hanya itu, seluruh warga dunia yang menyaksikan dirinya menyelamatkan Module 77 berbondong-bondong memberinya ucapan selamat melalui social media. Saat Haruto turun dari Valvrave dan masih menangisi kematian Shoko, L-Elf, salah satu pembunuh dari Dorssian muncul dihadapannya dan membunuhnya.

Saat L-Elf ingin masuk ke dalam Valvrave, Haruto yang jantungnya sudah ditusuk pisau dan ditembak dua kali menggunakan senjata api tiba-tiba berdiri dan menggigit leher L-Elf.


Ketika rekan Haruto ingin menjemputnya, mereka bertemu dengan rekan L-Elf yang menginginkan Valvrave. Namun tak disangka, tiba-tiba L-Elf berdiri dan malah menyelamatkan rekan Haruto dengan menembaki rekan-rekannya sendiri. Saat berada di tempat aman, rekan-rekan Haruto menyadari sesuatu. Ternyata L-Elf yang menyelamatkan mereka barusan adalah Haruto yang berada di dalam tubuh L-Elf.

Bagaimana kisah selanjutnya? Dan apa saja rahasia dibalik Valvrave?


Karakter

Tokishima Haruto

Murid SMA Sakimori ini memiliki prinsip hidup "kalau bisa menyelesaikan semuanya dengan menyerah? Mengapa tidak dilakukan?". Namun itu semua berubah karena perkataan L-Elf dan ketika dirinya akan terbunuh menggunakan Valvrave.

Menyukai Shoko, namun tidak dapat mengutarakan perasaannya.

Karena mengaktifkan Valvrave, Haruto bisa dibilang sudah bukan manusia biasa lagi. Luka fisik yang terjadi kepadanya dapat sembuh dalam hitungan detik meskipun jantungnya telah ditusuk pisau atau ditembak peluru sekalipun. Ia juga dapat memindahkan dirinya ke dalam tubuh orang lain dengan cara menggigit kulit mereka. Bagi Haruto sendiri, kemampuan berpindah tubuh ia anggap sebagai 'kutukan' karena telah mengaktifkan Valvrave.

L-Elf Karlstein

Pembunuh khusus dari Dorssian ini memiliki julukan "One-Man Army" dari ARUS karena dapat mengalahkan satu batalyon ARUS seorang diri. Ia juga dapat memperkirakan strategi dan langkah yang harus diambil untuk memenangkan peperangan atau bahkan memprediksi hal yang akan terjadi.

Ia membunuh Haruto begitu Haruto turun dari Valvrave, namun ia akhirnya menjadi korban pertama dari 'kutukan' Valvare milik Haruto.


Sashinami Shoko

Teman masa kecil Haruto yang sering berperilaku hiper-aktif ini merupakan anak dari Presiden JIOR. Ia tampaknya juga menyukai Haruto. Terbunuh karena tembakan militer Dorssia saat ia ingin menyelamatkan orang yang terjebak dalam sebuah mobil.






Review

Valvrave the Liberator bisa dibilang sebagai salah satu anime 'standar' yang menjadi ciri khas Sunrise. At the first glance cerita awalnya agak mirip dengan plot cerita Gundam Seed dimana ada seorang siswa (orang sipil biasa) yang menemukan mecha dari sebuah pangkalan luar angkasa negara netral dan berhasil menjadi pilot handal dan bertempur diantara dua negara adidaya yang sedang bertempur.

Selain itu seragam militer Dorssian juga bisa mengingatkan penontonnya akan seragam militer Britannia dari anime Code Geass. Meskipun begitu, anime (yang katanya) hanya terdiri dari 12 episode ini tetap menampilkan pertempuran ala mecha yang mampu memanjakan penikmatnya. Selain itu adegan pertempuran Valvrave yang penuh dengan aksi dapat diharapkan menjadi salah satu nilai jual anime yang terkesan 'standar Sunrise' ini.

Hanya saja rumor yang mengatakan bahwa anime ini hanya diproduksi sebanyak 12 episode membuat para penonton sulit mengharapkan jalan cerita yang sangat komplek namun juga menarik.


My Rating : 7,5 / 10



28 komentar:

  1. gue lagi ngikutin anime in, om. kampret cerita nya XD
    karena mecha keluaran sunrise. tapi mecha nya ngejreng banget -______-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standar Sunrise amat tapinya -____-

      Hapus
  2. Mecha ? Luar angkasa ? Manusia ke luar angkasa ? perang pake mecha ? kayaknya familiar bener ye ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngikutin anime-nya Sunrise dari tahun 2006 makin berasa familiar deh ~~

      Hapus
    2. Keluaran Sunrise gitu-gitu aja ya sejak 2006 ?

      Hapus
    3. Enggak sih, ada banyak perubahan. Kayak Seed sama Seed Destiny yang meskipun diduga mirip tapi di pertengahan beda. Atau Code Geass yang lebih menjual "seni menggunakan strategi perang" ketimbang "pertempuran ala mecha".

      Cuma itu, ini mirip banget sama Seed dan Code Geass. Gue bahkan mikir ini versi gabungan dua anime itu tapi di downgrade #IMHO

      Hapus
    4. tapi ingat, keluaran Sunrise ada yg macem Danshi Koukousei dan Binbougami Ga! XD

      Hapus
  3. Haruto mirip Yukiteru... :/

    Soal "resign as human"-nya menarik, gue mau coba download bsk :3

    BalasHapus
  4. baca sipnosis dan lihat2 artnya (kurang suka sama style sunrise) kurang tertarik buat nonton ._.
    *need more mecha pic in this review

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya ._.
      *kemudian gue bingung mau kasih pict mecha-nya gimana dan berapa banyak*

      Hapus
  5. Itu Haruto cakep yak #eh
    kayaknya seru ini anime~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih cakep L-Elf kayaknya #eh

      Hapus
    2. cakepan haruto deh #eh

      ini mecha ? *langsung download*

      Hapus
    3. Mechaaaa -_______________-

      Kan Valvrave itu nama humanoid unit, kalau bahasa dalam dunia Gundam itu Mobile Suit.

      Hapus
    4. bhaha iya kaka tau kaka siiip kaka :p
      demen banget nih sama yg kyk kyk gundam gitu, apa lgi klo ada chara yang eheem uhuuuk haha..

      Hapus
  6. UDAH NONTON EPS 10 NYA BELUM OM? HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. JANGAN SPOILER UTI !!!!!!!!!!

      *meskipun gue udah "tahu" kenapa elu ketawa sih --"*

      *Farid korban spoiler. Spoiler-nya meme pula*

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abang gue Kira Yamato dari Gundam Seed? #syalalala

      Hapus
    2. sorry sorry nih kaka, Kira itu calon suami saya loh kaka <3

      Hapus
    3. ^ dimadu sama Kira. Istri kedua setelah Lacus ~~

      Hapus
  8. Leh zughoi ini, minta downloadin temen ah~

    BalasHapus
  9. Apa cuma perasaan gue yak, si Haruto itu mirip ama Yukiteru.
    Bahahak.
    Eh, mumpung masih ongoing. Gue komporin anak anak yg download anime di warnet gue buat download nih anime, ntar kalau selesai, gue tinggal copy :v

    BalasHapus
  10. Anime ini udah masuk list "balas dendam" gue nih pas udah merdeka, kata temen sih ini gabungan Code Geass sama Gulty Crown, padahal kata gue Guilty Crown jg episode 1 nya familiar bgt, mirip Code Geass. Dan pas baca Valvrave di sini, kayaknya mirip juga. Pengen nonton perang-perangnya XDb

    BalasHapus
  11. Udah dikonfirm di ep terakhir, nyabung ke season 2 di bulan Oktober. ._.

    BalasHapus
  12. Magius mirip vampir kah??? Sebenarnya magius itu pendeta yang mempunyai sihir, memang dikatakan awaet muda, karwna sihir.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...