Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

8 Desember 2016

#7KTalks Evan Awaken


Setelah penantian panjang akhirnya player Seven Knights server GA dapat merasakan fitur awaken hero. Hadirnya fitur awaken ini sebenarnya dapat diduga mengingat event Rising Star sudah memperlihatkan siluet bentuk awaken dari hero Evan dan Karin. Dan kedua hero tersebut jugalah yang menjadi (pasangan) hero pertama yang mendapatkan bentuk awaken.

Dengan versi awakennya ini, tentu fungsi hero Evan dan Karin (khususnya Evan) akan kembali menarik para player Seven Knights. Bila Karin masih memiliki fungsi sebagai anti debuff pada Castle Rush hari minggu (Kris), Evan sebelumnya hanya menjadi hero food dimana 'hanya' berakhir sebagai komponen unlock atau power up.

AWAKEN EVAN



Seperti yang sudah diduga sebelumnya, kehadiran awaken Evan tentu membuat hero ini semakin berguna di arena, dan kemungkinan juga memulai strategi baru, yaitu formasi reflect bersama Jave/Nezha, Selain itu, ada kemungkinan dengan hadirnya awaken Evan hero fixed damage (Pascal dan Sera) jadi tidak terlalu over-power di arena.


BUILD

Armor   : Max HP

Untuk weapon sebenarnya awaken Evan lebih kepada kebutuhan dan style masing-masing player, karena bila dibandingkan dengan hero-hero meta sebelum maintenance (Rin, Karma, Pascal, Giparang, Teo, bahkan Spike) speed Evan terhitung lamban (20). Maka dari itu equip weapon untuk awaken Evan dapat dibagi menjadi:
  • Speed; Build 'standar' arena dimana berpacu dalam total speed untuk mendapatkan kesempatan menyerang pertama.
  • Critical: Untuk menambahkan damage yang dapat dihasilkan Evan.
  • Lethal: Meningkatkan kesempatan menyerang pertama, karena skill 'Multi Slash' miliknya dapat digunakan untuk memberikan debuff stun (apabila tidak ada anti debuff di tim lawan) kepada hero musuh dengan attack tertinggi (biasanya Rin).

FORMASI


Sebelum Evan awaken, hanya ada dua hero yang memiliki pasif reflect; Jave dan Nezha. Jave sempat menjadi hero kuat di arena setelah revamp terakhir sebelum akhirnya menghilang karena kemunculan hero fixed damage sementara Nezha tidak terlalu populer karena skill ofensifnya dirasa 'tanggung'.

Hadirnya Evan awaken memunculkan kemungkinan untuk menciptakan duo reflect yang cukup tangguh di formasi 3-2, dimana Evan dan Jave sebagai reflector di lini depan, duo ini bahkan tidak membutuhkan Rudy karena --meskipun lebih rendah 10%-- skill pasif Evan sudah cukup untuk meningkatkan defense dua hero tersebut (belum lagi +40% dari formasi). Bisa juga ditambahkan Kris atau Karin awaken untuk membuat tim ini lebih tahan banting.

Secara pribadi saya ingin mencoba formasi 3-2 ini dengan komposisi;
Backliner: Karin/Kris-Sera/Teo/Rin-Karma/Spike
Frontliner: Evan-Jave

Untuk frontliner dan Karin/Kris (diletakkan di posisi 5 agar kemungkinan diserang musuh semakin kecil) seperti sudah cukup jelas, sekarang adalah pemilihan antara Sera/Teo dan Karma/Spike juga kenapa tidak ada Pascal. Mengingat speed awaken Evan yang cuma 20 (76 bila dipasangkan dua SPD Dragon Slayer Awaken), kemungkinan bila bertemu tim tanpa Evan (atau META sebelum maintenance) tim kalian akan kalah speed yang berarti mendapatkan jatah menyerang kedua.

Dan bila kalian memasukkan Pascal, maka kalian akan overlap dua buff skill; 'Gate of Abyss' milik Pascal dan 'Shield of Order' milik Evan, which means kalian akan membuat dua turn tanpa skill ofensif (belum lagi bila kalian memasukkan Karin dan tim kalian terkena damage besar pada turn pertama, ada kemungkinan Karin juga akan melakukan heal = terbuat lagi satu turn untuk skill ofensif).

Ditambah dengan skill awaken Evan yang merupakan piercing AOE5 dengan fixed damage 2000, Gate of Abyss sebagai perisai dari skill AEO5 jadi terasa tidak berguna karena dapat ditembus. Singkat kata, kedua hero ini tidak cocok bila dipasangkan bersama untuk arena karena skill mereka (kemungkinan) dapat merugikan diri sendiri. Belum lagi Shield of Order melindungi seluruh party untuk satu serangan sedangkan Gate of Abyss 'hanya' melindungi dari serangan AOE5 non-piercing (yang dari hero META, hanya ada pada Purifying Aeolus milik Giparang dan Draconic Wrath milik Rin).

Karena itulah Pascal tidak saya pertimbangkan dalam formasi dan lebih mengutamakan Sera yang memiliki dua skill ofensif (dan didukung dengan pasif untuk meningkatkan lethal). Bila tidak ada Sera dapat mengandalkan Teo atau Rin (pilihan utama tetap Sera karena lebih mudah didapatkan ketimbang Teo/Rin yang merupakan hero spesial).

Teo merupakan alternatif pertama selain Rin karena tiga void shield dan zombie mode miliknya, sedangkan Rin meskipun memiliki damage AOE yang tinggi, namun pasifnya yang hanya berguna untuk hero magic menjadi tidak maksimal dan 12 hit shield-nya bila berhadapan dengan hero dengan animasi banyak (contoh; Giparang) atau sesama tim reflect (Dragonic Descend menghilangkan delapan void hit Rin saat dipantulkan kembali) dapat dikalahkan dengan cepat..

Terakhir adalah pilihan antara Karma atau Spike. Sebenarnya ini lebih ke tim 'pendukung', karena Spike dapat memberikan immunity dari segala macam debuff tapi lebih riskan mati karena tidak ada shield (kecuali Spike diberikan Guardian Ring). Sedangkan Karma tentu untuk meningkatkan output damage party, selain itu dapat skill Agonizing Tempest dapat digunakan untuk mengalahkan hero zombie.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...