Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

25 Januari 2017

#7KTalks Penyamaan Awaken Hero Shards, Menguntungkan Atau Merugikan?


Hasil maintenance 25 Januari 2017 memberikan hasil dengan respon beragam dari berbagai macam player Seven Knights (7K). Update kali memberikan player 7K GA; remodel karakter 7K menjadi lebih 'dewasa', peningkatan caps level khusus hero Seven Knights, awaken Snipper, kostum awaken limited untuk Elysia dan Snipper dan terakhir, penyamaan awakening hero shards yang sebelumnya berbeda-beda tiap hero. Diantara tiga hal tersebut, penyamaan cara mendapatkan awakening hero shards yang paling mendapatkan tanggapan dari player 7K.

Seperti yang diduga sebelumnya, remodel hero 7K mendapatkan tanggapan baik dari para pemain. Bahkan animasi yang berbeda yang didapatkan Dellons seakan menjadi pertanda bahwa sang pengkhianat dari 7K tersebut akan menjadi hero 7K pertama yang mendapatkan awaken, layaknya yang terjadi di server KR.

Awaken Snipper yang merupakan hero CR/World Boss merupakan suatu kejutan yang lagi-lagi dilakukan developer GA. Hal ini didasari fakta bahwa Snipper, pada server KR, merupakan hero arena, bukan CR/WB. Kemungkinan ini adalah usaha developer GA untuk 'meminta maaf' karena Pascal di GA merupakan hero arena, sedangkan di KR sang emperor adalah hero raid. Hal ini juga menegaskan keseriusan developer GA untuk membedakan konten mereka dengan versi KR.

Kostum awaken limited milik Snipper.
Little Prince.

Dan yang terakhir sekaligus 'inti permasalahan' dari update kali ini adalah penyamaan cara mendapatkan hero awakening shards. Bila sebelumnya setiap hero awaken memiliki dungeon sendiri yang harus diselesaikan, maka kali ini hal tersebut dihapuskan dan hero awakening shards dapat didapatkan melalui daily dungeon biasa.

Hal ini sekilas terlihat 'lebih hemat' key melihat awakening hero shards sekarang hanya bisa didapatkan sekali dari daily dungeon, bandingkan dengan versi sebelumnya dimana memakan 14 key (tujuh kali masuk) atau sangat banyak ketika dapat masuk ke dungeon awakening hero secara tak terbatas.

Namun jumlah yang bisa didapatkan 'hanya' 15 shards dari daily dungeon Hell dan 10 dari daily dungeon Hard, bandingkan dengan minimal 21 shards dari tujuh kali masuk ke awakening hero dungeon. Perbedaan hingga enam shards ini membuat banyak player yang rela menghabiskan waktu mereka untuk mencari awakening hero shards menjadi kecewa karena pencapaian shards mereka per hari menjadi semakin sedikit, sebaliknya hal ini sangat membantu player newbie yang belum memiliki hero yang mumpuni untuk memasuki dungeon awaken hero.

Sistem baru ini juga dapat menyebabkan beberapa event hero awaken nantinya menjadi 'terabaikan'. Pada sistem dungeon tak terbatas pada Evan, Karin dan Klahan membuat beberapa player bahkan dapat meng-awaken hero tersebut di hari versi awaken mereka dirilis. Sedangkan untuk Elysia dan Hellenia masih bisa mengejar awaken apabila memiliki 120 topaz (80 topaz untuk Elysia dan 40 topaz untuk Hellenia).

Sedangkan untuk event awaken Snipper kali ini, rasanya tidak aneh apabila banyak player yang 'mengabaikannya' meski mendapatkan 300 shards (sesuai untuk awaken Snipper) dari admin. Kenapa? Karena sebagai hero CR/WB, ia dirasa tidak terlalu berguna bagi mereka yang sudah cukup puas dari pendapatan CR/WB mereka, dan juga untuk tabungan shards bila nanti pihak Netmarble memberikan versi awaken hero yang mereka tunggu (sebut saja seperti Shane, Chancellor, Knox, Bi Dam, Dellons maupun Kris).

Sistem pengumpulan awakening hero shards yang sekarang dirasa memberatkan player yang hero-nya telah mumpuni namun mempermudah para newbie untuk mendapatkan awakening hero shards. Sistem baru ini juga dinilai memperlebar jarak antara pemain P2P (Pay-to-Play) dengan pemain F2P (Free-to-Play). Hal ini didasari dengan munculnya hero awaken (sekarang) rata-rata dua minggu sekali sedangkan apabila hanya mengandalkan kegigihan bermain, seorang player baru bisa mengumpulkan 300 awaken shards (untuk hero normal) setelah 20 hari (daily dungeon Hell), bandingkan dengan minimal 15 hari saat masa tujuh kali masuk dengan hadiah 3-7 shards.

Jadi menurut kalian, sistem pengumpulan yang baru ini merupakan suatu hal yang menguntungkan ataukah hal yang merugikan? Baik terhadap para pemain gim Seven Knights, dan juga bagi developer game tersebut?

Kostum awaken limited milik Elysia.
Festival of the Queen.

4 komentar:

  1. ...anjir gue bingung mau komen apa. bahas bola aja bang, atau hentai. biar gue ngerti :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahas hentai biar dimengerti......
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      okay.

      Hapus
  2. Widih, Seven Knights! Terakhir main game ini setahun yang lalu. Makin seru ya kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahun yang lalu itu berarti sekitar gim ini baru mulai dirilis secara global yah (yang server GA)?

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...