Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 Februari 2017

#7KTalks Four Lords of the Old Kyle dan Kebangkitan Tim P.ATK


Anggota ketiga dari Four Lords of the Old atau biasa disebut Eks-Four Lords akhirnya dirilis untuk server Global/Asia (GA), dialah Night Stalker Kyle. Karakter yang diceritakan bertanggungjawab atas bekas luka yang ada di wajah Teo ini pun bisa dibilang sebagai awal kebangkitan tim P.ATK atas menjamurnya tim reflect yang biasa berisikan Evan, Jave dan Karin.
Layaknya hero Lords lainnya, Kyle merupakan hero yang dikhususkan menjadi hero arena. Selain itu, untuk server GA ia menjadi hero pertama yang dapat melakukan area attack dari serangan biasa akibat skill Chain Effect-nya (pasif). Meskipun memiliki dua skill aktif yang sama-sama menyerang empat lawan dengan total damage 150% (50% sebanyak tiga kali), namun nilai jual utama Kyle adalah Chain Effect yang merupakan skill pasifnya.



Selain menjadi momok bagi para pengguna hero zombie macam Teo atau Kris, Chain Effect dapat dikatakan sebagai 'solusi' untuk menghadapi tim tanker. Biasanya tim tanker memiliki hero 'wajib' yaitu Evan, Jave/Nezha dan Karin dengan tambahan Elysia/Spike/Klahan/Yuri tergantung kebutuhan. Intinya tim tanker biasa memiliki dua hero reflector (Evan/Jave/Nezha) dengan Karin untuk menjaga agar dua reflector tersebut tetap hidup dan membiarkan musuh kalah akibat serangan mereka sendiri.

Permasalahan utama menghadapi tim tanker semacam ini adalah mengalahkan Karin sesegera mungkin, dengan begitu dua hero reflect didepannya pun akan berkurang keefektifannya. Chain Effect milik Kyle memungkinkan ia bisa langsung menyerang Karin, dimana selama ini orang-orang bergantung kepada RNG atau skill AOE5 untuk menyerang Karin, hal ini dikarenakan setiap serangan ketiga yang ia lakukan akan mendapatkan tambahan berupa serangan AOE5 dengan 150% attack dan menghilangkan buff lawan.

Namun hal tersebut memungkinkan apabila Kyle memiliki damage yang sangat kuat agar bisa langsung mengalahkan Karin. Hal ini dikarenakan ia memiliki 12 void hit seperti Rin, dengan kedua skill aktifnya memiliki banyak animasi serangan (sedangkan Rin hanya memiliki satu serangan yang memiliki animasi banyak, yaitu Draconic Descend) membuat Kyle dapat menjadi korban serangannya sendiri akibat reflect apabila gagal mengalahkan Karin yang bisa dibilang sebagai poros tim tanker.

Hal ini mungkin akan membuat Kyle cepat tewas apabila menghadapi tim tank, tapi bila tewasnya Kyle dibayar dengan matinya Karin dan hero reflect musuh menjadi sekarat rasanya tidak terlalu menjadi masalah karena tim tank tanpa Karin sesungguhnya tidak sekuat itu pertahanannya.


Tidak hanya sebagai hero yang bisa mengalahakan tim tanker, Kyle juga dapat membuat kehadiran Elysia/Spike jadi sia-sia karena serangan ketiganya dapat menghilangkan buff, membuat tim lawan kehilangan debuff immunity yang dihasilkan dua hero tersebut (meskipun Elysia sedikit lebih rumit karena ia bisa memberikan debuff immunity sekali lagi melalui Summon from Terra)

Build:
Weapon : SPD
Armor   : Counter

Dengan SPD dasar 32, rasanya sayang apabila Kyle tidak dilengkapi dengan senjata SPD. Hal ini juga dapat membuat serangan AOE5 + remove buff miliknya menjadi semakin sering muncul, karena alasan yang sama counter menjadi armor yang pantas bagi sang Night Stalker.


COUNTER

Selain kumpulan hero reflect apabila damage Kyle tidak dapat mengalahkan mereka sebelum void hit-nya habis, kehadiran Klahan dengan Protecting Whirlwind miliknya dapat dengan mudah menghilangkan void hit milik Kyle, membuatnya rentan akan serangan. Memang masih ada hero yang dapat mudah menghabisikan 12 void hit secara langsung macam Dellons (Deadly Strike) atau Rudy (Rush), namun berdasarkan popularitas di arena saat ini, Klahan lah yang dapat dikatakan menjadi musuh alami Kyle.


FORMASI

Karena serangan Kyle berbasis serangan cepat dengan damage besar membuatnya cocok diletakkan diposisi belakang dalam formasi apapun, khususnya formasi 1-4 yang memberikan tambahan damage 100%. Selain itu ia rasanya cocok disandingkan dengan hero yang dapat meningkatkan damage yang dihasilkan ke musuh seperti Karma/Dellons, Eileene atau Ace/Yuri.

Kyle juga bisa dijadikan 'pelindung' rekan-rekannya dalam formasi 4-1 (Kyle di posisi belakang). Hal ini dimungkinkan karena efek lain dari Chain Effect adalah melindungi teman yang berada dalam baris yang sama dari serangan AOE4. Hal ini tentu berguna untuk menghindari damage dari skill seperti Starfall milik Elysia, Draconic Descend milik Rin maupun Agonizing Tempest milik Karma.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...