Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

19 Mei 2017

#7KTalks Awaken Seven Knights Pertama; Dellons


Akhirnya hero special awaken yang telah ditunggu-tunggu banyak player Seven Knights Global/Asia (GA) dirilis juga, kali ini Dellons muncul sebagai special hero dengan biaya 500 shards pertama menurut jalan cerita (karena Klahan dan Miho tidak memiliki peranan terlalu besar dalam segi jalan cerita). Awaken Dellons ini terlihat 'menggoda' bukan hanya karena sebagian besar player Seven Knights GA telah memiliki Dellons dengan level tinggi, ia juga memiliki mekanisme skill yang dapat diharapkan sebagai penangkal dari hero yang memiliki kemampuan evade (Klahan dan Ballista).

*disesuaikan dengan versi setelah maintenance 18 Mei 2017*

Dengan pasif yang membuat Dellons memiliki kekebalan akan relfect damage dan accurary rate yang tinggi (memiliki kesempatan tinggi untuk memberikan damage kepada hero dengan pasif Evade alias serangannya tidak miss) menjadikan Dellons sebagai momok bagi Evan, Jave, Klahan dan Ballista yang pada META sekarang cukup populer berada di Arena.


Meskipun secara teori seperti itu, namun kenyataannya yang terjadi tidak selalu seperti itu. Dalam kondisi normal/base, SPD dasar Dellons yang mencapai 33 tentu membuat hero ini akan selalu menjadi hero pertama yang melancarkan serangan. Dua skill yang dimiliki Dellons juga secara teori dapat 'merusak' META saat ini.

Skill aktif pertama adalah Deadly Strike atau Raging Reaper (setelah transformasi). Skill dengan total persentase damage 600% (Deadly Strike) dan 750% (Raging Reaper) ini dapat memberikan damage besar (bahkan mungkin langsung membunuh) Evan/Jave tanpa terkena efek reflect dari dua hero tersebut. Dan karena skill ini merupakan skill dengan tiga hit, maka apabila Dellons menggunakan skill ini diawal battle kepada Klahan/Ballista tentu membuat survivabilitas kedua hero tersebut menjadi semakin rendah.

Skill aktif kedua (Reaper's Judgement) apabila dilancarkan pada awal battle juga dapat menghilangkan perlindungan anti-debuff satu kali bilamana lawan menggunakan Miho. Hal ini didukung karena persentase lawan terkena debuff Blind dari skill ini cukup tinggi, dan apabila Dellons dilengkapi dengan aksesoris yang memiliki debuff dan menyerang lawan sekaligus memberikan debuff pada awal battle sebelum mengluarkan Reaper's Judgement akan membuat lawan kehilangan perlindungan akan debuff (apabila anti debuff lawan hanya Miho seorang).

Tetapi karena skill awaken Dellons berupa skill pasif, menjadikan Dellons sendiri terkesan jarang mengeluarkan skill tersebut. Perlindungan lima void shield miliknya juga terasa kurang mengingat tingginya attack Dellons membuat dirinya hampir pasti menjadi target serangan skill multi hit milik Miho (khususnya) atau Klahan. Apabila kalian berada dalam kondisi sial, maka Dellons pun akan sering mati sebelum sempat mengeluarkan Grip of Annihilation.

Selain itu, tingginya lethal yang dimiliki Miho membuat awaken bar akan semakin sulit terisi, hal ini disebabkan karena hampir pasti semua serangan skill akan diawali oleh Miho. Menggantikan Miho dengan Elysia pun dapat memberikan dua kerugian; pertama adalah SPD dasar Miho lebih tinggi (32 berbanding 26), dan kedua adalah dengan banyaknya Miho di arena saat ini, membuat perlindungan anti-debuff dari Elysia dapat dengan mudah dihilangkan Arrogant Strike milik Miho.

Meski memiliki potensi sebagai main hitter di Arena, saya pribadi tidak terlalu menyarankan untuk menggunakan Dellons sebagai main hitter. Hal ini dikarenakan apabila Dellons dijadikan main hitter ia akan sulit memberikan damage tinggi karena 98% pasti langsung dikalahkan kombinasi Miho dan Klahan musuh. Namun apabila Dellons udah mengeluarkan Grip of Annihilation, kemungkinan untuk melakukan comeback winner menjadi terbuka.

Kostum Dellons awaken.
Sangat disarankan bagi mereka yang tidak sempat membeli kostum Etheral Guardian.

Build
Weapon: SPD
Armor: HP

Dengan SPD dasar 33, rasanya sudah tidak perlu dijelaskan mengapa Dellons wajib menggunakan SPD pada dua slot weapon-nya. Perbedaan muncul pada slot armor dimana counter tidak terlalu bagus bagi Dellons, apalagi bagi kalian yang menggunakan Dellons sebagai hero pendukung. Pertama adalah karena Dellons awaken tidak lagi memiliki kemampuan untuk menurunkan cooldown skill miliknya sebesar tujuh detik, dan kedua adalah karena SPD ATK dan counter tidak lagi mengisi bar awaken, untuk itu double HP saya sarankan (tidak seperti rekomendasi in-game yang menunjukkan counter) agar Dellons lebih tahan lama di Arena.


FORMASI

Karena 'rentan'nya Dellons akibat META Klahan-Miho saat ini, rasanya meletakkan Dellons di posisi backliner akan semakin membuat Dellons sulit bertahan di Arena. Meletakkan Dellons di posisi frontliner sebenarnya tidak menjadi ia akan aman dari serangan Klahan-Miho, hanya saja ia akan mendapatkan buff defence dari formasi yang (kemungkinan) membuatnya lebih tahan lama.

Meletakkan Dellons sebagai main hitter mungkin dapat menjadi opsi apabila ia dipasangkan dengan hero yang memberikan buff untuk ketahanan seperti Evan, Kris atau Akuma. Tapi hal ini belum saya coba dan belum pernah juga melihat ada orang menggunakan kombinasi empat hero tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...